PASAR MODERN Vs PASAR TRADISIONAL

12 Jan

Seiring dengan perkembangan zaman, memang tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan pasar modern sudah menjadi tuntutan dan konsekuensi dari gaya hidup modern yang berkembang di masyarakat kita. Pasar modern dapat kita jumpai dengan mudah di sekitar tempat tinggal kita. Pasar modern saat ini tidak hanya terdapat di kota-kota besar saja, tetapi saat ini mulai merambah ke daerah-daerah. Tempat berbelanja di pasar modern, katakanlah seperti supermarket  memang menawarkan tempat belanja yang nyaman, dan harganya pun dikemas dengan berbagai diskon, agar lebih menarik konsumen. Namun keadaan ini apabila dibiarkan terus menerus akan merugikan banyak pihak, terutama untuk kalangan menengah. Untuk sekarang ini, banyak yang mengeluhkan dan memprotes semakin maraknya pasar modern, karena hal ini tentu akan berdampak pada pasar tradisional yang akan semakin tergusur.

Keberadaan pasar, khususnya yang tradisional, merupakan salah satu indikator paling nyata kegiatan ekonomi masyarakat di suatu wilayah. Pemerintah harus concern terhadap keberadaan pasar tradisional sebagai salah satu sarana publik yang mendukung kegiatan ekonomi masyarakat. Perkembangan jaman dan perubahan gaya hidup yang dipromosikan begitu hebat oleh berbagai media telah membuat eksistensi pasar tradisional menjadi sedikit terusik. Namun demikian, pasar tradisional ternyata masih mampu untuk bertahan dan bersaing di tengah serbuan pasar modern dalam berbagai bentuknya. Kenyataan ini dipengaruhi oleh beberapa sebab, antara lain walaupun pasar modern menawarkan banyalk kemudahan dan kenyamanan, tetapi tertap saja terdapat perbedaan antara keduanya. Pasar tradisional masih terjadi proses tawar menawar antara penjual dan pembeli, sehingga hal ini menimbulkan kedekatan personal dan emosional antara penjual dan pembeli. Pembeli pun dapat mendapatkan harga yang terjangkau. Keadaan semacvam ini tidak mungkin didaapatkan ketika kita berbelanja di supermarket.

Mengingat pentingnya eksistensi pasar tradisional ini, maka pemerintah  seharusnya serius dalam menata dan mempertahankan eksistensi pasar tradisional. Seperti adanya aturan Pemkab Bantul yang tidak mengizinkan didirikannya mall di kawasan tersebut. Hal ini merupakan bentuk nyata salah satu upaya ynag dilakukan pemerintah untuk tetap mempertahankan pasar tradisional yang ada. Pemerintah menyadari bahwa keberadaan pasar tradisional sebagai pusat kegiatan ekonomi masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Perhatian pemerintah tersebut dibuktikan dengan melakukan revitalisasi pasar tradisional di berbagai tempat. Target yang dipasang sangat sederhana dan menyentuh hal yang sangat mendasar. Selama ini pasar tradisional selalu identik dengan tempat belanja yang kumuh, becek serta bau, dan karenanya hanya didatangi oleh kelompok masyarakat kelas bawah. Gambaran pasar seperti di atas harus diubah menjadi tempat yang bersih dan nyaman bagi pengunjung. Dengan demikian masyarakat dari semua kalangan akan tertarik untuk datang dan melakukan transaksi di pasar tradisional. Selain itu, perl;u adanya regulasi yang tegas yang mengatur keberadaan pasar tradisional dan modern. Aturan yang ditetapkan harus tetap mempertimbangkan dan menguntungkan kedua pihak

5 Responses to “PASAR MODERN Vs PASAR TRADISIONAL”

  1. piapiamaniez January 24, 2011 at 7:37 am #

    Memang pada kenyatannya saat ini eksistensi pasar tradisional telah mulai tergeser dengan adanya pasar modern yang semakin menjamur. Tentunya sekarang tergantung bagaimana cara kita untuk menyikapi hal tersebut. Apakah kita akan tetap berusaha untuk menjaga eksistensi pasar tradisional atau semakin menjerumuskannya dalam lubang kehancuran.

  2. romaromantika January 26, 2011 at 3:14 am #

    bergesernya pasar tradisional diminati oleh masyarakat tidak lain dikarenakan oleh perkembangan pasar-pasar modern ini yang merambah keberbagai daerah hingga ke desa-desa. lalu menurut anda bagaimana solusi dari permasalahan ini?

  3. claralaura January 26, 2011 at 9:58 am #

    Saya sangat setuju dengan salah satu cara untuk membuat masyarakat tertarik datang ke pasar yaitu mengubah pasar menjadi tempat yang bersih dan nyaman bagi pengunjung. Saya sendiri sebenarnya lebih senang ke pasar tradisional, karena harga yang ada di pasar tradisional lebih terjangkau dibandingkan yang ada pada pasar modern. Namun saya juga agak malas ke pasar tradisional jika mengingat pasar tradisional terlihat kumuh.

  4. minikucing January 26, 2011 at 5:13 pm #

    makanya buru2 renovasi pasar tradisional…..jgn lagi rakyat dikorbankan dengan alasan penanaman modal bla bla bla….

  5. rohatieazra January 27, 2011 at 12:39 am #

    mari rame2 ke pasar tradisional yar semakin semarak… jangan malu tu’ berkunjung ke pasar tradisonal milik kita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: